Rabu, 25 Mei 2016

TEORI KOMUNIKASI INTI



Teori Komunikasi Inti

Kita dapat mengelompokkan teori-teori komunikasi yang menjelaskan proses komunikasi secara umum ini sebagai teori komunikasi inti atau core communication theory. Teori ini sangat penting bagi kita karena dapat membantu memahami komunikasi secara umum. Teori inti memberikan pengertian dan wawasan kepada kita mengenai proses yang berjalan ketika komunikasi berlangsung. Teori-teori komunikasi tertentu yang memberikan perhatian pada aspek-aspek tertentu atau level tertentu dalam komunikasi pada dasarnya juga menjelaskan proses umum komuniokasi ini. Teori komunikasi inti memiliki unsur-unsur yang mencakup pembentukan pesan, pembentukan makna, struktur pesan, dinamika interaksi, dan dinamika sosial.
a.       Pembentukan Pesan
Bagaimana kita menciptakan sesuatu yang akan kita tulis, apa yang akan kita ungkapkan pada orang lain, proses kejiwaan atau mental seperti apa yang terlibat, seberapa jauh dan dengan cara apa pesan-pesan itu diciptakan dalam hubungannya dengan pihak lainnya, bagaimana proses pembentukan pesan berbeda pada satu budaya dengan budaya lainnya, dan bagaimana budaya memberikan pengaruh pada proses pembentukan pesan.
b.      Pembentukan Makna
Membahas interpretasi dan pembentukan makna atau arti, seperti bagaimana manusia memahami pesan dan bagaimana makna terbentuk melalui berbagai proses interaksi ? bagaimana pikiran mengolah dan menafsirkan pengalaman? Seberapa dan dengan cara bagaimana makna dan pemahaman telah menjadi produk budaya?.
c.       Struktur Pesan
Struktur pesan terdiri atas unsur-unsur pesan dalam bentuk tulisan, lisan, dan komunikasi nonverbal.
d.      Dinamika Interaksi
Dinamika interaksi ( interactional dynamics) menjelaskan hubungan dan adanya saling ketergantungan diantara peserta komunikasi serta penciptaan makna secara bersama-sama. Dinamika interaksi membahas hubungan timbal balik, penciptaan dan penerimaan pesan diantara pihak-pihak dalam suatu transaksi komunikasi, tanpa memandang bahwa pihak itu perorangan (individu) atau kelompok.
e.       Dinamika Sosial
Teori komunikasi inti dapat membantu kita untuk memahami dinamika sosial dan institusional, atau bagaimana kekuasaan dan sumber-sumber ekonomi didistribusikan masyarakat, bagaimana kebudayaan terbentuk secara interaksi diantara segmen masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar